Setelah sekian minggu berindekos di SS2 15, akhirnya peraturan tertulis itupun dipajang di masing2 kamar plus surat pemberitahuan perihal uang kos yang naik. Mmmm…..baca satu persatu membuat saya ketawa ngakak. Ini dilakukan si empunya kosan, karena mungkin banyak yang ngelanggar. Termasuk saya :D . Berikut isi peraturan tertulis tersebut :

Tata tertib ber-indekos :

1. Tidak diperkenankan membawa teman laki2 maupun teman wanita untuk menginap di kamar kos anda (kami punya pengalaman buruk mengenai hal ini)
2. Menerima tamu hanya diperkenankan paling larut jam 11.00 malam, kecuali Orang Tua sendiri.
3. Matikan semua lampu/kipas angin dll, saat anda meninggalkan kamar Kos (menghemat biaya listrik).
4. Tidak diperkenankan memasak apapun didalam kamar.
5. Dilarang merokok/memasang obat nyamuk bakar, di dalam kamar
6. Jangan membuka kran air dikamar mandi, tanpa Anda tunggu (boros biaya jika air melimpah-limpah)
7. Tidak diperkenankan mengubah fungsi kamar tidur menjadi kamar kerja bersama teman kantor
8. Jika ada kerabat Anda yang terpaksa bermalam, mohon beritahu kami alasannya.
9. Agar kamar kos Anda dapat kami bersihkan setiap hari, agar terjaga kerapihan dan kebersihannya serta biarkan jendela terbuka supaya ada sirkulasi udara (jika anda keluar).
10. Jika ada bagian dari kamar yang rusak, bocor, kunci rusak dll, beritahu kami secepatnya, sehingga perbaikan dapat segera dilakukan.
11. Harap Anda menjaga lemari, kasur dll, tidak menjadi rusak dan tidak menempelkan alat penggantung pada sembarang tempat.
12. Jangan pernah menyerahkan kunci kamar Anda pada orang lain/teman (menghindar kunci kamar Anda diduplikat).
13. Simpan barang2 berharga Anda, termasuk perhiasan, uang dll, didalam lemari dan dikunci, saat ada teman yang berkunjung ke kamar Anda (kami punya pengalaman buruk akan hal ini).
14. Mohon membayar uang kos tepat waktu dan jika bepergian keluar kota yang melewati tanggal pembayaran kos Anda, agar uang kost dibayarkan terlebih dahulu.

Pemilik rumah

Peraturan yang pernah saya langgar :
1. Peraturan pertama 2x wkekeke…… : Waktu itu empati saya terlalu besar ma seorang wanita yang saya tidak kenal sebelumnya. Kenal ma kakaknya aja. Bagaimana mungkin tidak ber-empati, seorang wanita, jauh2 datang dari pedalaman Kalimantan, menyusul suaminya ke Jakarta. Dan si suami dengan kurang sopannya, malah mengambil isi dompet si istri dan membawa HP-nya. Dan si suami malah mengusir kembali si istri ke kampungnya. Coba aja di depan saya, udah tak tonjok bener dah tuch orang.
Dan wanita kedua, mmmm…..ini karena kenal ma adiknya. Mereka datang dari mudik tidak sesuai tanggal kesepakatan dengan bosnya. Jadi si wanita menginap 2 hari di tempat saya hihiihihihi……….

2. Peraturan ketiga. Kalau ini cuman sekali2 aja. Kalau lupa aja siy. Sekali2 tapi tiap hari wkekekek…. :D
3. Peraturan keenam, pernah juga. Waktu itu kran air dihidupkan, kemudian saya ketiduran ihihihihih…..
4. Peraturan kedelapan, waktu Dina datang ke Jakarta, kayaknya saya nga lapor ma si empunya Kosan :D

Dan peraturan lain, sepertinya sering dilanggar anak2 kosan wkekekkeke…… mungkin saya nga kenal ma mereka, tapi terlihat jelas kalau mereka melanggarnya :D :mrgreen: