Tuhan dalam Mantra Weda XXXII.3, dinyatakan tidak punya bentuk dan nama. Para vipra atau orang-orang bijak dan sucilah yang menyebutnya dengan banyak sebutan. Hal itu untuk memudahkan umat dalam menguatkan hidupnya untuk suatu tujuan mulia. Demikian juga umat awam pun akan menyebutkan berbagai kemahakuasaan Tuhan itu dengan berbagai sebutan sesuai dengan kemantapan hati nuraninya. Yang paling utama sebutan itu menyebabkan umat merasa Tuhan dekat dengan dirinya dan dapat didayagunakan untuk meningkatkan keyakinannya bahwa mereka merasa tertuntun oleh kesucian Tuhan untuk menyelenggarakan hidupnya menuju hidup yang makin baik.
=============================

(sumber disini)

Menulis hal ini karena saya hanya ingin memperjelas dan mempertegas bahwa Hindu sebenarnya memuja hanya Satu TUHAN. Jadi tidak benar kalau kami memuja banyak Tuhan. Itu sudah dijelaskan dalam Kitab Weda. Nama-nama yang kemudian ada adalah berdasarkan pada fungsi, tugas dan manifestasi Beliau.
Seperti Tri Murti yang terdiri dari Dewa Brahma merupakan perwujudan Tuhan sebagai Pencipta alam semesta beserta isinya, Dewa Wisnu merupakan perwujudan Tuhan sebagai Pemelihara dan Dewa Siwa yang merupakan perwujudan Tuhan sebagai Pelebur :) .

Semoga uraian *singkat* diatas dapat menjawab pertanyaan Mengapa Hindu mempunyai banyak nama untuk menyebut Tuhan dan apakah Hindu memuja banyak Tuhan ;) .