Bulan Oktober sudah berlalu. Begitu banyak hal yang terjadi yang memeras emosi dan air mata, menguji kekuatan jiwa, cinta dan iman, senyum dan kesedihan yang silih berganti datang hanya dalam sekian detik…… Benar2 diuji oleh Yang Maha Kuasa….dan aku merasa belum lulus :). Apa yang kupelajari di bulan yang selalu aku tunggu ini…… ??? Bahwa aku belum lah menjadi seorang yang dewasa baik dalam hal pemikiran maupun tindakan. Belum bisa memberikan yang terbaik bagi orang2 yang kucintai. Belum melakukan apa2 kasarnya :(. Kosong melompong……. Dan apa yang kuperjuangkan selama ini ??? Tidak ada :). Dengan diam n merenung membuatku tersadar akan sesuatu.

Bulan Oktober menurutku selalu memberikan pelajaran yang sangat berarti, bukan hanya karena di bulan ini aku berulang tahun, tapi memang banyak sekali kejadian yang entah kusadari ataupun tidak mengubah sedikit demi sedikit kehidupanku (termasuk umur :D ).
Sabtu tanggal 14 Oktober, aku merasa menjadi seseorang yang amat terpuruk, segala sesuatu menjadi gelap n suram. Aku merasa menjadi orang yang sangat tidak bahagia. Sejak saat itu, senyum n tawa menjadi sesuatu hal yang sangat sulit kudapatkan, entah dengan cara apapun, aku selalu gagal. Memandang hidup dengan amat sinis…. (duh bodohnya…). Tapi itulah yang terjadi. Benar2 terpuruk. Ultah terasa hambar, tidak ada doa yang kupanjatkan, sebagai rasa syukur bahwa aku diberi kesempatan melewati hidup. Tiap malam begadang, merenung, tapi yang ada hanyalah rasa pahit……
Tanggal 22 Oktober, adik sepupuku sms bilang bahwa mereka sudah tiba di bali dengan selamat. Ya…..ini kesempatanku untuk keluar dan menghirup udara segar.
Tanggal 23 Oktober, aku dijemput olehnya (Angga cs), diajak jalan2 :D. tapi sebelumnya aku, Indah n Ulan pergi ke Ubud untuk mengambil kamera. Pemandangan yang indah terhampar, udara segar wah nikmat dech……agak meringankan beban di pundaku :). Sampai di Klungkung pukul 02.00 pm. Sambil menunggu mereka makan, aku ngbrol dengan temen SMA (masih saudara juga), namanya Gek Mas, uhh….dah punya anak 1 hehehe….obrolan kami ya tentang kabar temen2ku yang lain. Rumah itu mengingatkanku akan pesta ultahnya 5 tahun yang lalu. Kami berdua tertawa mengenang kejadian tersebut. Pukul 03.00 pm kami berangkat, pertama ke sanur menjemput Dina n Risna…..yang lumutan nunguin dari jam 12-an hehehehe…….Itulah awal perkenalan Angga n Dina secara langsung….. (setelah 2 minggu hanya sms-an….). Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Nusa Dua…..waw…..kami kebingungan karena nga pernah kesana qeqeqeeq……..akhirnya tiba juga dipantai :D. Main banana boat n jet ski (harganya mahal banget loh……..), aku memperhatikan dari kejauhan, karena sedang DB hihihiihihhi…….. Risna, Dina, Indah, Agus, Ode main Banana Boat, setelah itu giliran Angga n Dina, Lianto n Ulan yang main Jet Ski (Angga, Indah, Ulan n Ode adalah anak2 dari saudaranya ibu). Suasana makin kacau karena ada diantara kami yang sedang “fall in love”. Pokoe lucu n lucu n lucu……qeqeqeeqeq………… Hampir 1,5 jam menunggu, akhirnya mereka datang basah kuyup kecuali Risna n Dina……. Setelah mandi, perjalanan dilanjutkan ke GWK, karena arsiteknya masih kelurga kami, jadi tidak bayar karcis masuk….lumayan dech……Melihat Bali dari GWK di malam hari woowww………indah banget. Luar biasa…….jujur aja, aku nga pernah ke GWK heheheh….. Aku selalu memperhatikan 2 orang dalam rombongan tersebut, entah mereka sadar ato tidak, tapi aura yang keluar menandakan akan ada sesuatu yang terjadi kemudian hahahhha………..dan bukan hanya aku yang memperhatikan, tapi yang lain juga hehehe…….. Kekacauan pun terjadi saat mereka berdua diminta foto bersama qeqeeqqeqeee……….
Wajah kami menjadi aneh karena menahan lapar, setelah berunding cukup lama……diputuskan makan di M23, makanan khas lombok, di Jl. Drupadi Renon…..nyam nyam nyam……..semua orang bersemangat tapi setelah tiba disana, ternyata sudah tutup hiks….hiks…..padahal lapar banget. Mungkin karena kami kesana sudah jam 09.30 pm……..akhirnya makan di Jl. Hayam Wuruk…… hanya ada canda n tawa, n paling penting 2 orang diantara kami sudah mulai dekat qeqeeqe…… pukul 10.30 pm perjalanan di lanjutkan. Mengantar Risna n Dina ke Sanur, setelah itu baru ke Klungkung. Tiba di rumah pukul 11.30, capek banget……tapi hari itu aku lupa dengan masalahku. Bener2 perjalanan yang sangat menyenangkan.
Hari2 berikutnya aku nga ikut acara jalan2, hanya Dina yang menemani hehehehe……karena di rumah kami kedatangan tamu silih berganti. Om n Tante serta adik2 sepupu. Ya begitulah keluargaku besar banget, entah dari Ibu ato Bapak. Jadi buayaaaak banget dech…….
Tanggal 28 Oktober, Angga cs balik ke Malang…..malam sebelum keberangkatan mereka seharusnya aku nginap di Nyalian, ditambah Agung n Gede, tapi karena sesuatu aku membatalkannya. Sangat menyesal tentu saja. Kapan lagi kami bisa berkumpul uhhh…..
Dari semua kejadian dalam minggu tersebut, aku menunggu atau mengharapkan sesuatu…… semua hal sudah terbaca tinggal suatu keputusan/kepastian akan sesuatu hehehhe…….
Tanggal 29 Oktober aku ke Denpasar, ”seorang wanita” datang ke kos dengan wajah yang susah untuk dilukiskan……heheeh………..aura itu terjadi padanya, hal yang sama yang kulihat di wajah seorang laki2 di hari mereka bertemu hehehehehehh…………. Aura orang yang sedang jatuh cinta, sedang dilanda cinta :). Sampai aku sendiri bisa merasakannya. Jauh sebelum mereka berdua menyadarinya hhahahaha……….. Yup semua serba instant, kenalan sebentar, timbul perasaan sayang n cinta…..kemudian menjadi…….”Selamat aja buat kalian berdua”. Semoga cinta n hubungannya langgeng. Kepercayaan n komunikasi sangat penting, jika itu sudah terpelihara, sejauh apapun kalian maka tetep terasa dekat hehehhehe……..Apalagi Malang-Bali….deket tuch qeqeqeeq……. “si wanita” sekarang milik orang lain. Dan tidak hanya mereka yang akan menjaga hubungan tersebut berjalan, tapi juga aku. Tidak hanya mereka yang bahagia, tapi aku super duper bahagia…. Tapi segalanya kembali lagi ke Sang Pencipta, mati, jodoh, rezeki sudah diatur oleh-Nya. Hanya bisa berdoa semoga semua seperti yang kalian harapkan. Jika cinta n kasih sayang semakin banyak di tebar di bumi maka dunia akan menjadi lebih indah. Dengan mencintai n menyayangi sesama manusia kita bisa menghargai n menghormati mereka. Maka perang, pertengkaran mungkin akan semakin berkurang. Dan kedamaian di dunia akan terwujud. Jadi apa yang sebenarnya dicari manusia ??