Happy Independence Day

Dirgahayu RI ke- 61 th 17 Agustus 2006. Semoga makin jaya buat bangsaku. Merdeka merdeka merdeka !!!!
Semua orang bersukacita menyambut hari kemerdekaan RI, tiap jalan, rumah, gedung2 perkantoran dan berbagai tempat di Indonesia, bendera Merah Putih berkibar. Umbul2 dan berbagai hiasan menyemarakkan suasana kota. Berbagai lomba untuk menyambut kemerdekaan ini pun bermacam2. Rasa haru menyelimutiku, ketika melihat pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka langsung dari TV :D. Melihat paskibaraka yang melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Ya, dulu akupun pernah menjadi bagian dari paskibraka, meskipun hanya di kabupaten saja, tapi itu merupakan suatu kebanggan, 2x aku ikut kegiatan ini. Aku mungkin nga ikut upacara seperti dulu waktu aku masih duduk di bangku sekolah, tapi toh tetep mengikuti upacara dari TV :).
Bangga menjadi bangsa Indonesia, meskipun bangsa ini banyak banget masalahnya, tapi aku mencintai Indonesia. Seperti tadi pagi, ketika anak2 Gita Bangsa menyanyikan di Istana Negara, kami anak2 kos ikut bernyanyi. Mendengarkan lagu2 perjuangan, apalagi lagu terakhir Syukur, sejak dulu setiap menyanyikan lagu ini, pasti dech air mataku ikut juga unjuk gigi :D. Perayaan kemerdekaan sebenarnya mungkin sudah dimulai sejak berhari-hari yang lalu, mulai dari kegiatan gotong royong pembersihan, lomba2, terus wah banyak lagi dech. Dan biasanya malam sebelum hari Kemerdekaan, ada suatu macam kegiatan yang diadakan di tiap RW, disebut Tirakatan, aku juga baru tahu setelah di Jogja. Masyarakat tiap RW berkumpul, menghayati betapa penting arti kemerdekaan. Diselingi acara hiburan dan doorprize. Tiap tahun aku selalu dapat nich, kemaren dapat gelas, permen, sabun cuci, mie goreng :D :D. Sebenarnya bukan hadiahnya, tapi makna kebersamaan dengan masyarakat sekitar. Yang mungkin di kota2 besar lainnya, kebersamaan itu makin lama makin menipis. Itulah mengapa aku suka tinggal di Jogja, ya hampir mirip Bali, semangat kebersamaanya masih ada, saling bantu antar tetangga, penduduk yang ramah dan sopan :).
Dengan bertambahnya usia bangsa Indonesia, masalah bukannya berkurang tapi malah bertambah. Masalah ekonomi, kesehatan, sosial, budaya, politik dll, termasuk bencana alam. Orang dimana-mana demo menuntut ini dan itu :D. Dan hanya sedikit yang berakhir dengan damai, ini mau demo demi kebaikan bersama ato malah merusak :D, kenapa tidak melakukan dengan baik dan damai aja, merusak fasilitas umum, tentu saja menambah beban negara untuk memperbaikinya, padahal uang yang dipakai juga uang kita entah dari pajak ato yang lainnya, lucu sekali. Ya, kita semua berharap semuanya berubah menjadi lebih baik, tapi mengurusi begitu banyak orang, dengan berbagai masalahnya, belum lagi keputusan2 yang diambil harus bener2 sesuai dengan kehendak rakyat, tepat dan tidak berbenturan dengan norma2 yang ada, karena Indonesia tidak hanya terdiri dari 1 macam budaya, tapi bermacam-macam budaya, adat istiadat, suku,agama dll, itu khan tidak mudah, tidak seperti membalikkan telapan tangan, klasik, tapi memang seperti itulah kenyataannya. Dengan momentum kemerdekaan ini, hendaknya kita kembali merenung, menghayati dan memahami apa sebenarnya arti kemerdekaan dan apa artinya bangsa Indonesia bagi kita. Ingatkan diri betapa susah mencapai dan mewujudkan kemerdekaan, berapa pejuang yang meninggal dalam mencapainya, betapa menderita kehidupan nenek moyang di masa penjajahan, tidak sedikit keringat dan air mata untuk menjadikan bangsa ini merdeka dan berdaulat. Setelah merdeka, perjuangan juga tidak berhenti, kita harus tetep dan tetep mempertahankan kemerdekaan ini, lebih sulit lagi tugas ini jika sudah tidak ada rasa nasionalisme dan rasa memiliki pada diri kita terhadap bangsa Indonesia. Sejarah telah menunjukkan bahwa persatuan dan kesatuanlah yang paling ampuh untuk mencapainya, dan dengan semangat itu pula mari kita mempertahankannya. Renungkan kembali, “jangan hanya menuntut dan berpuas diri terhadap apa yang telah diberikan bangsa ini padamu tapi apa yang telah kita lakukan dan berikan terhadap terhadap bangsa ini”. Sudahkan kita melaksanakan kewajiban kita ? Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Bangsa yang besar adalah bangsa menghormati jasa2 pahlawannya.
Mari kita pererat persatuan dan kesatuan, pertahankan rasa nasionalisme, pikirkan apa yang sudah kita miliki bukan apa yang belum kita miliki, hidup berdampingan dengan damai dan cinta kasih, bersama bahu membahu, bekerja sama kita membangun bangsa ini, karena bangsa ini bukan milik segelintir orang tetapi semua orang Indonesia. Perubahan itu penting, ke arah yang lebih baik tentunya, tapi yang terpenting adalah proses ke arah perubahan tersebut. Kita mempunyai peranan disini. Jika bukan kita siapa lagi :).

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-61 TAHUN
17 AGUSTUS 2006
MERDEKA MERDEKA MERDEKA !!!!!

17 Agustus tahun ‘45
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
M e r d e k a
Skali merdeka tetap merdeka
Sepanjang hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap sedia mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia membela negara kita