* Wie Yudi :hay say, gmn kabrnya&gi ngpaen nie?gmn tgl 6 augst bs dtg g?cz,wi mw ngdain acr manggang dsnur ma smua klrga dklngkung,dalung&dukuh sari utk perpishnnya wi. miss u *
* Dina : Haai my lovly cousn,pa kbr?aku udh ngsi tau blm klu adkmu ini udh lls&wisuda tgl 5 augst? kpn plg? miss u much *
* Risna : Kk pa kabr? I miss u….kpn plg ? *

Itulah tiga sms yang datang dalam 2 hari ini. Semuanya adalah saudaraku, wie yudi adalah kakak sepupuku, dina adik sepupuku (adik kandung w.yudi), dan risna tentu saja adik kandungku. Ketiganya sebenarnya mengharapkan aku pulang, tidak hanya 3 sms tadi, tapi sudah berkali-kali. Kk sepupuku akan berlayar menuju Amerika, sedangkan adikku Dina akan diwisuda. Tak adil memang klu aku tidak hadir dalam hari bersejarahnya, karena ketika aku wisuda dulu, dia juga jauh2 datang dari Bali :). Meskipun dia bilang gpp aku nga bisa hadir, tapi aku ngerti banget sifat anak ini, aku, Dina n Risna memang bagai pinang digergaji tiga :D. Kami memang tinggal terpisah, dia tinggal di Sanur sedangkan aku di Klk, tapi meskipun jauh malah kami sering berkumpul di kampung halaman kami di Desa Nyalian, Klungkung.
Sejak kecil kami selalu bertiga, apapun diantara kami tidak ada yang rahasia. Satu sama lain tetap saling berkomunikasi meskipun lewat surat. Ya begitulah, kami mempunyai banyak kesamaan dan terjadi persaingan di bidang akademik. Meskipun berbeda sekolah, dan tentu saja beda tingkat, karena aku setahun lebih tua daripada Dina n Risna :). Dan jujur aja, kami memang bisa dikatakan berprestasi, kami selalu meraih Juara 1 dari SD - SMP :D. Dan ketika ke bangku SMA, persaingan terjadi begitu ketat di sekolah masing2, sehingga kami juga hanya menduduki 10 besar aja :D. Lucu juga, ada kesamaan disana, tapi setelah lulus, aku malah menjauh pergi merantau ke Jogja, sedangkan Dina mengambil Jur. Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Risna malah masuk Teknik Sipil…….padahal cita2 kami bertiga sama loh….menjadi Dokter qeqeqeeq…….akhirnya cuman Dina yang masih ada kaitannya dengan bidang tersebut :D. Meskipun terpisah lama dengan mereka, komunikasi tetep terjalin erat, klu aku pulang, kami biasa menghabiskan waktu di pantai :D. Dan karena aku yang masuk bangku kuliah duluan, makanya aku yang keluar duluan qeqeeqeqeq…….meskipun adik2ku masuk di tahun yang sama, Dina lah yang akhirnya lulus sedangkan Risna masih berjibaku jadi tukang untuk 3 bulan ini, karena TA nya secara tidak langsung membuat dia harus seperti itu. Hmm…..aku tidak bisa mengesampingkan perasaan kangenku kpd mereka :(.
Sedangkan kakak sepupuku, Yudi, bukannya kami tidak deket, kami deket banget, hanya saja karena dia laki2 jadi tau sendiri lah…..perempuan biasanya akan lebih deket dengan sesamanya :D. Dia ya sebagai pelindung. Memang aku kadang tidak bisa deket dengannya, karena kami lebih sering bertengkarnya qeqeqeeq………pokoknya ada aja masalahnya:D. Yang paling deket dengannya ya Risna&Dina + aku(meskipun sering kelahi :D). Aku memang si trouble maker, waktu aku SMP (kls 3)……dia sering nongkrong di depan sekolahku dengan teman2nya (waktu itu dia SMA kls 1), dengan nga sopan aku sering minta dianter pulang qeqeqeeq……sedangkan Risna jarang pulang bareng waktu itu dia kls 2. Akhirnya kutanyakan juga kenapa dia sering nongkrong disekolah n apakah lagi PDKT ma anak sekolahanku :D. Jawabnya malah bukan lagi PDKT tapi dah resmi pacaran, hohohooo….ternyata pacaran ma adik kelasku…ya siapa yang nga kenal orangnya cantik, putih, pintar nyanyi……cowok2 sekolahan juga pada nguber2 hehehhe………tapi begitulah, pacarnya cemburu dengan mengatakan kakaku selingkuh ma ketua osisnya (rupanya aku pernah kepergok dianter plg ma kakaku :D), bukannya dijelaskan klu aku ini adiknya, malah dia mengiyakan aja klu mereka putus……..ketika kutanya, aku sudah dapat yang lain katanya….hhaaahhh……dasar cowok :D. Ya begitulah memoriku ttg mereka, meskipun masih banyak hal yang kami lalui bersama, rasanya tak mungkin kutulis satu persatu :D, bisa jadi buku nanti.
Aku bingung apakah harus pulang atau tidak. Aku mungkin tidak akan melihat kakaku untuk waktu yang lama dan Dina wisuda :(. Dilema, pada saat orang2 yang kusayangi membutuhkan dan mengharapkan aku ada, malah aku belum bisa pulang karena 1 alasan saja. Bukan karena financial atopun kehidupan disini. Dan bukannya aku tidak kangen akan mereka semua, alasan ini jauh lebih kuat dari itu. Ini karena “aku” hanya karena “aku”. Terlalu sulit aku menjelaskannya, pada saat kelurga besarku berkumpul seperti ini, padahal biasanya kami berkumpul karena adanya hari2 suci Hindu itupun kadang ada yang absen……..aku bisa merasakan betapa meriahnya n ramainya nanti acara perpisahaan & mungkin sekalian syukuran akan wisudanya Dina. Bapak, Ibu, Uwak, Tante, Om dan adik2ku waaaaaaaaaaaaaa…….. :( :( :( aku punya waktu seminggu untuk memikirkan ini, apakah harus pulang atau tidak. Hmmm………….masalahnya hanya “aku”.
Terlepas dari masalahku, aku sangat amat sangat menyayangi mereka, apapun pasti kulakukan untuk mereka. Hanya saja…………”aku”……..